Jumat, 15 Juli 2011

NAIKNYA HARGA CABAI SAMAPAI 85%

HARGA CABAI NAIK




        Harga cabai di Kota Dumai, Riau, naik dari Rp 30.000 per kilogram menjadi Rp 65.000/kg.
Berdasarkan data yang dihimpun, Rabu (7/7/2010), pembengkakan harga itu jarang terjadi pada sejumlah pasar tradisional di Kota Dumai.
Tak pelak, harga cabai menyebabkan warga kota itu, terutama kaum ibu rumah tangga, mengeluh karena tidak sebanding dengan daya belinya.
"Harga cabai merah yang saya beli tadi pagi Rp 60.000/kg. Harga ini pun naik-turun, sebentar harga Rp 60.000/kg, tidak lama kemudian harganya sudah Rp 65.000/kg," kata Buriah (40), warga Jalan Ombak yang juga seorang pemilik Rumah Makan Ampera.
Padahal, dia kemarin membeli komoditas itu Rp 30.000/kg. "Pokoknya harga cabai merah sekarang ini kayak mau beli emas, harganya naik-turun," ujarnya.
Menurut Buriah, kenaikan harga cabai merah yang kebanyakan masuk dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara itu memberatkan kaum ibu rumah tangga karena hampir setiap hari bergulat dengan urusan dapur dan masak-memasak yang tidak lepas dari komoditas tersebut.
Buriah yang sering berbelanja kebutuhan dapur di Pasar Payung Sukajadi ini mengaku memerhatikan fenomena kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok yang setiap tahun, apalagi menjelang bulan puasa yang selalu mengalami kenaikan.
Namun, kata dia, sekarang ini lebih terasa mencekik mengingat pada waktu yang hampir bersamaan harga kebutuhan keluarga lainnya pun meningkat.
Ibu tiga anak ini mengeluhkan kenaikan harga yang bersamaan dengan tahun ajaran baru 2010/2011. "Bagi kami yang punya uang hanya pas-pasan, kondisi seperti ini sangat terasa. Terkadang kami pinjam uang sana-sini untuk keperluan anak sekolah," tuturnya.
Sementara Purwan (50), warga Jalan Cempedak, Kecamatan Dumai Timur, mengatakan, saat ini tidak hanya harga cabai melambung, minyak tanah pun langka dan mahal di pasaran.
"Di tingkat pengecer harga minyak tanah bisa mencapai Rp 8.000/liter. Sudah mahal, langka pula. Jika pakai gas, saya takut meledak seperti kejadian-kejadian yang tampak di televisi," kata wiraswasta ini.

Cabai Merah Turun, Giliran Cabai Hijau Naik
HARGA CABAI NAIK
 
 
HARGA CABAI NAIK – Pedagang akan menimbang cabai di kios miliknya di Pasar Cihaurgeulis, Jalan Surapati Bandung, Rabu (22/12/2010). Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru harga cabai rawit naik dari Rp 25.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 50.000 per kg dan cabai merah Rp 40.000 per kg. Kenaikan tersebut disebabkan musim hujan berkepanjangan sehingga terjadi gagal panen.
CIREBON, TRIBUN - Sehari menjelang tahun baru 2011, harga cabai merah di Cirebon mengalami penurunan. Jumat (31/12) pagi, harga cabai merah di Pasar Pagi Kota Cirebon menjadi Rp 40.000 per kilogram dari semula Rp 45.000 per kilogram.

Pedagang cabai di Pasar Pagi, Ahmad Sooki (40) mengatakan, penurunan cabai merah terjadi mulai tadi pagi. Sementara kemarin harganya masih tinggi.

Berbeda dengan cabai merah, cabai hijau justru mengalami kenaikan. Cabai hijau kini mencapai Rp 20.000 per kilogram, dari semula dijual Rp 15.000-Rp 16.000 per kilogram.

Sementara cabai rawit masih tetap di kisaran Rp 50.000 per kilogram, cabai rawit kering Rp 60.000 per kilogram, dan cabai merah kering Rp 40.000 per kilogram.

Oki mengaku tidak tahu apa penyebab turunnya harga cabai merah. Pasalnya dari segi pasokan, jumlahnya masih tetap seperti semula.

"Apa karena hari ini terakhir 2010 atau apa, karena bisa saja tiba-tiba besok naik lagi atau mungkin juga tambah turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar